Ikha2705’s Weblog

Januari 12, 2010

Istana Dalam Penjara

Filed under: Uncategorized — ikha @ 1:30 pm

Berita yang sedang marak adalah pembantaian terhadap penjabat negara yang sudah melakukan tindakan yang sangat memalukan, dimana rakyat indonesia sendiri masing banyak yang miskin sedangkan mereka para pejabat negara tersebut sedang asiknya memperkaya kekayaan yang mereka punya dengan tindakan yang kurang wajar. Aparat kepolisian dan aparat yang berwenang sedang sibuk-sibuknya mencari siapa lagi yang menjadi dalang dari semua tindakan yang mereka lakukan tersebut.
Sebagian dari pejabat tersebut sudah mulai terbongkar kejahatan mereka. Ya makin sibuk aja pejabat pengadilan mengurus kasus mereka tersebut.
Berita yang sedang marak saat ini misalnya kasus Artalita, dimana baru saja berada dalam lapas penjara yang bisa juga di sebut mewah. Adanya fasilitas yang bisa dibilang cukup mewah seperti di hotel berbintang di jakarta saja, seperti ada tv layar datar, Ac, Wc pribadi, sampai didatangkan dokter special untuk merawat kecantikan sang narapidana tersebut. membuat para penghuni lapas yang lain jadi sirik, begitu juga masyarakat yang melihat tayangan di televisi, mereka begitu takjub melihat kemewahan yang ada di dalam penjara.
Tentu saja hal seperti ini kurang mendidik bagi rakyat indonesia lainnya, karena kejahatan yang pejabat lakukan tersebut tidak bisa membuat jera sang narapidana karena fasilitas mewah yang di dapat bisa-bisa bikin betah sang pelaku kejahatan.
Sedangkan menurut salah satu mantan pegawai lapas tersebut, mereka saja yang bekerja di lapas tidak diperbolehkan membawa handphone pada saat bekerja, tetapi kenapa sang pejabat tersebut bisa dengan mewah menikmati fasilitas yang tersedia. Apa karena dia pejabat yang punya banyak uang sehingga bisa mendapatkan fasilitas yang berbeda dengan yang lainnya? Bagaimana waktu hukuman sang pejabat itu sendiri? Apakah bisa dibeli seperti kemewahan yang dia dapat tersebut?

Menurut pengalaman seseorang yang telah berpenghuni kesalah satu lapas yang ada di jakarta, sebut saya Mr. X. Mr.X menyebutkan urutan dalam berpenghuni kedalam lapas tersebut.
Pintu pertama : di kenakan biaya oleh penjaga lapas sebesar Rp.2000 per rombongan untuk sekali masuk.
Pintu kedua : di kenakan biaya sebesar Rp.2000
Pintu Ketiga ( Pintu Pemeriksaan ) : Disini semua pengunjung dilakukan pemeriksaan, mulai dari semua barang yang mereka bawa, di titipkan oleh penjaga lapas, tapi semacam baju dan buku bacaan saja yang bisa di bawa ke dalam sel, sedangkan handphone pengunjung tidak boleh dibawa. Pada pintu ini dikenakan biaya Rp.5000. Apabila pengunjung tidak menitip handphone atau tidak membawanya maka biaya sebesar Rp.4000 saja.
Pintu Keempat : Berada di satu lorong untuk mencapai ruang pertemuan, disini dikenakan biaya lagi sebesar Rp.2000
Pintu kelima ( Ruang pertemuan ) ; Ruang pertemuan ini di bedakan menjadi 2 bagian yaitu ruang VIP dimana ruang pertemuan ber AC dan ada Televisinya juga, diruang ini dikenakan biaya sebesar Rp.50000 kemudian diruang kedua adalah ruang kelas menengah kebawah dimana ketika berkunjung dengan penghuni lapas maka dicampur menjadi satu dengan penghuni yang lainnya. Tetapi keamanan disini kurang terjamin, karena pengunjung lapas sering diminta uang secara terpaksa oleh penghuni lapas. Jam berkunjung pun bisa dilakukan dengan bebas pada jam-jam tertentu.
Jadi apakah kemewahan yang sang koruptor dan penjahat kelas kakap tersebut pantas di dpat ketika sedang mengalami masa hukuman? Sedangkan kejahatan mereka sangat parah?
Sungguh mengenaskan hukum peradilan yang ada di indonesia sendiri, bagaimana bisa jera sang pelaku kejahatan karena diberi fasilitas mewah seperti itu .

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: