Ikha2705’s Weblog

Maret 7, 2010

Perkembangan Produk Cina Di Indonesia

Filed under: Uncategorized — ikha @ 7:14 am

Perkembangan Produk Cina Di Indonesia

Tugas Makalah

Nama : Ika Rahayu
Kelas : 2EA02
Npm : 10208618
Fakultas : Ekonomi
Jurusan : Manajement Ekonomi
Dosen : Ummi Kalsum

UNIVERSITAS GUNADARMA
2010

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur selalu kita panjatkan kehadiran Allah SWT, Tuhan semesta sekalian alam yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya kepada seluruh makhluk di muka bumi ini. Untuk itu hanya karena kekuasaan dan kehendaknya pulalah akhirnya penulis dapat mewujudkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan yang sederhana ini.
Tema makalah kali ini yang diambil adalah mengenai dampak globalisasi terhadap perjuangan.Tulisan kali ini juga dapat mengamati perkembangan bangsa Indonesia apakah berpengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari mereka, sehingga tulisan ini dapat dipakai sebagai bahan referensi untuk materi yang sama dengan mata kuliah yang bersangkutan.
Selanjutnya penulis menyadari bahwa rasanya sulit untuk dapat mewujudkan tulisan ini kehadapan para pembaca tanpa bantuan orang lain, untuk itu izinkanlah penulis menyampaikan ucapan ribuan terima kasih kepada Ibu Umi Kalsum sebagai dosen mata kuliah Kewarganegaraan dan tentunya juga ucapan terima kasih kepada kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doanya, Selain itu ucapan terima kasih kepada teman-teman yang memberikan dukungan dan informasi-informasi mengenai tema tulisan yang saya ambil kali ini.
Untuk itu kepada semua orang yang telah penulis sebutkan diatas saya ucapkan ribuan terima kasih, teriring doa semoga Allah Yang Maha Kaya yang akan membalas segala budi baik tersebut.
Akhir kata, penulis sitirkan sebuah pepatah ytang mengatakan bahwa Tiada Gading Yang Tak retak. Begitulah kenyataan yang ada, bahwa sebagai manusia biasa tentunya penulis tidak luput dari segala kelemahan dan kekurangan. Harapan terakhir dari penulis, semoga tulisan ini dapat memberikan arti dalam memperkaya khasanah keilmuan para pembaca yang selalu haus dan lapar dengan ilmu pengetahuan.

Jakarta, 06 Maret 2010

Ika. Rahayu
DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………………………………i
Daftar Isi ……………………………………………………………………………….ii
Bab I. Pendahuluan
1.1Pendahuluan ……………………………………………………………….1
1.2Tujuan ……………………………………………………………………..1
1.3Pengertian Globalisasi ………………………………………………………1
1.4Tujuan Globalisasi …………………………………………………………2
1.5Faktor yang mempengaruhi globalisasi …………………………………….2
Bab II. Permasalahan
II.1 Perkembangan Produk Cina di Indonesia ………………………………….3
II.2 Perkembangan Sumber Daya Manusia Negara Cina ………………………3
II.3 Jenis Produk Cina Yang Banyak di Pasaran ………………………………..3
II.4 Tanggapan Warga Indonesia terhadap Produk Cina ………………………..4
II.5 Selera Warga Indonesia Terhadap Produk Cina ……………………………4
Bab III. Kesimpulan
III.1 Kesimpulan ……………………………………………………………….8
III.2 Saran ………………………………………………………………………8
Daftar Pustaka …………………………………………………………………………..9

BAB I
PENDAHULUAN

I.I Pendahuluan
Menurut perkembangan sekarang, produk pasaran yang semakin merebak adalah produk dari Cina. Banyak masyarakat yang memilih produk Cina, di karenakan dengan harga yang relative rendah dan kualitas yang bagus masyarakat dengan senang hati memilih produk Cina daripada memilih produk dalam negeri sendiri. Selain dengan harga relatife rendah, produk Cina juga terlihat lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman sekarang, mungkin sebagian masyarakat sekarang yang up to date selalu memilih produk Cina untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

I.2 Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari tulisan ini, para mahasiswa di harapkan dapat menjelaskan :
1.Pentingnya perkembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia
2.Dampak Pengaruh Globalisasi terhadap perjuangan Indonesia
3.Menjelaskan secara singkat mengenai kondisi pasaran yang terjadi di Indonesia
4.Menjelaskan secara singkat tentang definisi Globalisasi
5.Menjelaskan secara singkat kelebihan dan kekurangan produk Cina di pasaran Indonesia

I.3 Pengertian Globalisasi
Berikut adalah beberapa pengertian globalisasi
1.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia ( lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia ) .
Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara elemen-elemen yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional

2.Menurut para ahli diantaranya :
a. Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini telah membawa kita pada globalisme, sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu.
b. Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa sebenarnya diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa terkendali yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan akan hal sama, perubahan dan ketidakpastian, serta kenyataan yang mungkin terjadi.

I.4 Tujuan Globalisasi
Setelah kita memahami pengertian tentang Globalisasi, kini kita dapat mengetahui tujuan dari globalisasi tersebut, diantaranya adalah
Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme
1.Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.
2.Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
3.Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.
 
Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme
1.Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang
2.Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
3.Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
4.Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
5.Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.

I.5 Faktor yang mempengaruhi Globalisasi
Globalisasi yang terjadi di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah
a. Perubahan teknologi, terutama teknologi komunikasi
b. Transport adalah jauh lebih murah dan lebih cepat.
c. Deregulasi
d. Penghapusan kontrol pertukaran modal.
e. Perdagangan Bebas.
f. Selera konsumen telah berubah, dan konsumen lebih bersedia untuk mencoba produk asing
g. Emerging market di negara-negara berkembang,

BAB II
PERMASALAHAN

II.1Perkembangan produk Cina di Indonesia
Secara ekonomi, Cina, meskipun negara komunis, penduduknya adalah beberapa kapitalis yang terbaik di planet ini dengan sejarah sebuah kapal tua yang membawa seribu orang terlibat dalam perdagangan dengan pelabuhan-pelabuhan jauh. Seiring dengan perkembangan jamannya, masyarakat cina yang sudah lama melebarkan sayap bisnis di Indonesia semakin lam semakin bertambah pesat. Dengan kekuatan otak dan skill yang mereka punya, maka bisnis yang mereka jalani semakin bertambah maju.

II.2Perkembangan Sumber Daya Manusia Negara Cina
Keberhasilan bisnis di Cina untuk gelar besar perusahaan bergantung pada kemampuan untuk merekrut, melatih, memotivasi dan mempertahankan pekerja berkualitas. Sekarang, lebih dari sebelumnya, perusahaan perlu untuk memanfaatkan potensi sumber daya manusia mereka agar dapat muncul tanpa cedera dan berani dari kemerosotan ekonomi. pemberdayaan karyawan, loyalitas dan retensi, dan undang-undang ketenagakerjaan yang baru duduk di bagian atas agenda berbasis cina manajer HR.

II.3 Jenis produk Cina yang banyak di pasaran
Dalam hal industri telepon selular, Cina adalah orang yg tersesat. Itu sebabnya standar internasional yang berlaku di daerah ini untuk sebagian besar. Namun Cina telah menjadi pasar komunikasi bergerak terbesar di dunia dengan 310 juta sambungan. Dalam enam bulan pertama tahun ini saja, 36.3 million telepon genggam dijual di Cina. Cina mobile memiliki pangsa pasar 60 persen; China Unicom memiliki pangsa pasar 32 persen. Pada semester pertama tahun ini, Cina menginvestasikan $ 2,7 milyar dalam infrastruktur jaringan dan akan menginvestasikan tambahan $ 4.3 juta pada semester kedua tahun ini. Kedua pemasok saja memperoleh $ 10 miliar dalam pendapatan pada semester pertama tahun ini dan mencapai keuntungan kotor $ 2,3 milyar.

II.4 Tanggapan warga negara Indonesia terhadap produk Cina
Awalnya penduduk indonesia sempat memboikot produk cina yang masuk ke pasaran indonesia, di karenakan apabila terlalu banyak produk yang masuk pasaran indonesia, maka produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk cina yang terlalu banyak bererdar di indonesia. Tapi seiring perkembangan zaman yang terjadi lama kelamaan rakyat indonesia mampu menerima produk cina maupun produk dari luar negeri lainnya untuk merambah dunia bisnis indonesia

II.5 Selera warga negara Indonesia terhadap produk Cina
Kebanyakan dari produk cina yang berkembang di pasaran indonesia, masyarakat indonesia sendiri banyak yang menyukai produk cina ynag elegan dengan harga yang terjangkau oleh isi dompet masyarakat. Selera yang di inginkan kebanyakan adalah dengan barang-barang elektronik produk cina yang banyak beredar di pasaran. Dengan harga yang relatif murah ketimbang dengan produk dalam negeri, model yang disajikan produk cina juga selalu mengikuti perkembangan jaman sekarang.

BAB III
KESIMPULAN

III.IKesimpulan
Cabaran globalisasi masa kini memerlukan pembentukan generasi muda yang berdaya tahan melalui ilmu dan kemahiran Berdasarkan beberapa aspek globalisasi yang telah dibicarakan dapatlah dikatakan bahawa dunia hari ini atau di abad ke-21 sedang menghadapi satu cabaran dan perubahan yang sangat hebat yang belum pernah berlaku di abad yang lalu. Cabaran globalisasi dan implikasi terhadap ekonomi, budaya dan teknologi adalah luas dan mempunyai kesan yang negatif dan positif. Penerimaan terhadap perubahan haruslah difikirkan dan diterima secara positif dan membina untuk kemajuan diri,keluarga,agama,bangsa dan negara.
Demikianlah antara fenomena globalisasi yang kini sedang mencabar seluruh jati diri golongan muda. Dari globalisasi kepada dominasi, golongan muda semakin terdedah kepada kehidupan dan nilai keperibadian yang terputus dan terpisah jauh dari budaya hidup timur.
Kita tidak mempunyai pilihan melainkan untuk meneliti secara kritikal dari implikasi globalisasi yang semakin rancak dan tidak terkawal. Golongan muda seharusnya berani untuk menyanggah arus globalisasi bagi memastikan jati diri kita yang sebenar tidak akan digadai. Hanya golongan muda yang mempunyai keberanian dan keyakinan diri bahawa sementara kita ingin berinteraksi dengan dunia luar kita tetap akan terus yakin dan tegas dalam mempertahankan kejatian diri kita. Tanpa kesedaran ini globalisasi akan menenggelam dan melemaskan golongan muda dengan nilai dan pegangan hidup yang sangat mengelirukan dan palsu.

III.2 Saran
Setelah para pembaca memahami isi dari pembahasan yang penulis sampaikan, maka penulis mengharapkan respon dari para pembaca agar memberikan krtik dan saran terhadap tulisan ini. Harapan penulis adalah kritik dari para pembca dapat membangun hasrat ilmiah penulis untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi dari tulisan ini. Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah medukung penulis untuk menyelesaikan tulisan ini.

DAFTAR PUSTAKA

Tohardi, A, 1996, Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.
Www.google.com
http://www.kompas.com
http://www.wikipedia.com

3 Komentar »

  1. wahhh..mkalah nya baguss

    makasih ya ,, dari makalah ini saya bisa dapat
    bahan untuk lomba debat bahasa inggris nanti,,:-)

    Komentar oleh Anugrah mitria sari — Oktober 15, 2010 @ 6:16 am

    • Okee..
      menang ga???
      maav baru di balas neh
      baru sempet buka email

      Komentar oleh ikha — Oktober 16, 2010 @ 1:46 pm

  2. Indonesia masih mempunyai generasi muda yang mampu bersaing dengan orang orang china yaang kebanyakan chulas itu,,

    Komentar oleh rizqi — Oktober 24, 2010 @ 5:21 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: