Ikha2705’s Weblog

Oktober 28, 2010

Membuat Yoghurt Berbahan Jagung Manis

Filed under: Uncategorized — ikha @ 12:15 pm

Kebanyakan orang-orang sekarang mengenal yoghurt dibuat dari susu hewani. Namun kini dikembangkan yoghurt dapat diracik pula dari Jagung Manis.

Setahun belakangan ini,  Lismayana Hansur, kandidat peneliti dari badan penelitian dan pengembangan dari Sulawesi Selatan. Sibuk meneliti pemanfaatan jagung. Penelitian yang dilakukan berdasarkan bahwa masyarakat setempat kerap memanfaatkan jagung hanya sebagai bahan pangan yang diolah dengan cara kurang variatif. Umumnya jagung hanya direbus untuk di konsumsi secara langsung atau dapat dikonsumsi langsung sebagai bahan baku kue.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Lismayana menghabiskan sebagian besar waktunya di laboratorium untuk mencoba-coba berbagai macam ramuan kedalam formula susu jagung. Dia mencampurkan bakteri yang biasa digunakan pada proses fermentasi kedalam susu jagung tersebut. Selang 10 jam berlangsung proses fermentasi pada susu jagung tersebut dengan rasa agak asam.

Selama ini, masyarakat lebih mengenal yoghurt dari bahan susu hewani atau susu nabati, sejak saat itu Lismayana focus mengembangkan yoghurt berbahan jagung manis tersebut. Pasalnya penemuan lismayana tersebut masih dalam proses pengajuan paten dengan nama produk maysgurt. Dia hanya member sedikit informasi mengenai pembuatan yoghurt jagung mirip denagn susu jagung.

Sebenarnya dalam dunia penelitian, susu fermentasi jagung bukanlah penemuan baru. Karena Lismayana kemungkinan akan mengajukan paten dari sisi metode pembuatan yoghurt berbahan jagung manis saja.

Yoghurt dibuat dai campuran jagung manis dan susu bubuk krim. Bahan-bahan itu kemudian dicampurkan dengan organisme probiotik untuk membantu proses fermentasi. Jagung kemudian di sisir dan dihancurkan menggunakan VITA-MIX . Jagung yang sudah dihaluskan tersebut lantas dicampur dengan air masak dengan komposisi 1 : 3.

Tahap berikutnya, jus jagung tersebut disaring dengan menggunakan kain saringan selanjutnya jus dipanaskan kembali selama 15 menit hingga mencapai suhu 70-80 derajat celcius. Usahakan proses pemanasan tidak mencapai titik didih.  Setelah proses semua selesai, maka yoghurt dapat disajikan dengan panas maupun dingin.

Yoghurt jagung itu berwarna kekuning-kuningan bertekstur lembut beraroma jagung dan berasa asam karena pengaruh fermentasi. Produk juga bias disimpan dalam lemari Es denagn tempratur 8-10 derajat celcius dan dapat bertahan sampai 1bulan. Namun, Lismayana mengklaim maysgurt buatannya bias bertahan sampai 2bulan jika disimpan didalam suhu di bawah 0 derajat celcius. Yoghurt jagung juga baik pula untuk system pencernaan manusia. Karena bakteri didalam minuman tersebut dapat melawan mikroorganisme yang merugikan pencernaan. Yoghurt jagung juga memiliki karakteristik organoleptik terbaik dan berfungsi sebagai terapi bagi penderita diabetes karena minuman itu toleran terhadap orang-orang ynag memiliki kadar gula darah yang tinggi. (Koran Jakarta).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: