Ikha2705’s Weblog

November 2, 2010

Perlindungan Konsumen

Filed under: Uncategorized — ikha @ 2:44 pm

Perlindungan konsumen adalah  perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi  hak konsumen. UU yang mengatur tentang perlindungan konsumen tercantum pada UU Perlindungan Konsumen no. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak kenyamanan, keselamatan dan hak keamanan dalam mengkonsumsi barang atau jasa, hak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan hak barang atau jasa tersebut sesuai  dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang di janjikan, hak untuk dilayani secara benar dan jujur serta tidak deskriminatif, hak untuk mendapatkan ganti rugi atau penggantian pada barang atau jasa yang rusak apabila barang atau jasa mendapatkannya tidak sesuai perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Lemahnya perlindungan konsumen di Indonesia, dinilai berakar dari lemahnya UU Perlindungan Konsumen yang tidak tegas mengatur mediasi antar pihak-pihak yang bersangkutan. Dibeberapa Negara lembaga mediasi tersebut dikenal dengan smile claims court, dengan kedudukanya mandiri atau dibawah pengadilan.Jika di Indonesia, diatur dalam UU bernomor 8/1999 yang menyerahkan mediasi konsumen dengan produsen kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Tetapi terdapat kekurangan pada BPSK tersebut, diantaranya adalah badan ini belum mempunyai aturan khusus yang mengatur dan hanya menginduk kepada UU. Kelemahan yang lain adalah putusan yang dibuat oleh BPSK ini tidak mempunyai daya ikat memaksa yang bersifat final, sehingga pihak yang dikalahkan oleh konsumen tidak mau menjalani keputusan, bahkan mengambil langkah hukum di bidang pengadilan umum.

Di Indonesia, karena BPSK tidak mempunyai sifat yang memaksa , akhirnya David Tobing menggugat pengelola jasa parkir karena mengutip uang parkir yang tak sesuai peraturan sebesar Rp.10ribu pekan kemarin, di PN Jakarta Pusat David Tobing menang dengan kewajiban pengelola parkir dengan mengembalikan uang parkir David sebesar Rp.10ribu terebut.

Jadi harus di revisi dahulu UU perlindungan Konsumen, baru konsumen bisa mempunyai kedudukan yang kuat di badan hukum.

Perlindungan hukum yang berazaskan perlindungan konsumen sangat didambakan oleh para masyarakat, terlebih kepada masyarakat yang menjadi korban pengusaha yang melanggar hak perlindungan konsumen. Hubungan interpedensi yang ada antara pelaku usaha dengan konsumen dalam perdagangan, praktis bergeser kearah dependensi konsumen terhadap dunia usaha.

Komponen –komponen penegak hukum bukan sekedar proses peradilan apalagi proses dipengadilan saja, selain itu masih terdapat komponen lain yang berperan besar serta berpengaruh terhadap peran hukum di Indonesia, diantaranya adalah

1.    Subtansi/ aturan hukum yang ditegakan atau dilaksanakan

Faktor ini merupakan output dari system hukum atau norma hukum yang mengatur pihak yang menegakkan dan melaksanakan hukum atau pihak yang diatur hukum atau yang terkena hukum.

2.    Kelembagaan penegak hukum

Pelaksanaan penegak hukum adalah lembaga hukum yang diciptakan oleh Negara berdasarkan UU. Hal ini sebagai tolak ukur dalam penegak hukum di Indonesia.

 

3.    Perilaku penegak hukum

Aparat hukum merupakan penyumbang atas buruknya perlindungan hukum di Indonesia. Citra aparat hukum sebagai mafia peradilan sedangkan keadlian sendiri merupakan sesuatu yang langka bagi masyarakat. Sekarang ini citra pengadilan merupakan tempat kemenangan berdasarkan kekuatan ekonomi dari tempat mencari pengadilan.

4.    Faktor sarana dan fasilitas

Penegak hukum tanpa saran dan fasilitas, maka tidak mungkin akan berjalan lancar, sebab sarana dan fasilitas harus mencakup sumber daya manusia yang terampil dan pandai dalam mengatur system hukum di Indonesia.

Penegak hukum bukanlah semata-mata berarti pelaksanaan perundang-undangan semata, tetapi penegak supremasi hukum merupakan salah satu kunci berhasil atau tidaknya suatu Negara melaksanakan tugas pemerintahan secara umum dalam pembangunan di berbagai bidang, temasuk dalam bidang perlindungan hak-hak konsumen.

 

Perlindungan konsumen di Indonesia dinilai masih perlu di tingkatkan lagi, maka anggota BPKN yang baru dilantik diharapkan meningkatkan kinerja mereka secara optimal agar, perlindungan konsumen di Indonesia menjadi lebih baik lagi dan para konsumen merasa terlindungi dengan system hukum yang baik.

 

Mendag menambahkan, pembangunan perlindungan konsumen di Indonesia memilki urgensi nasional yang tinggi dalam rangka pembangunan perlindungan konsumen yang bermartabat dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

 

BPKN berfungsi memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam upaya mengembangkan perlindungan konsumen di Indonesia.

 

Kewajiban Pelaku usaha

 

UU Perlindungan Konsumen menghembuskan asas manfaat dalam pengertian adanya usaha-usaha yang di tujukan untuk melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara keseluruhan (penjelasan Pasal 2 UUPK). Dapat di ambil kesimpulan bahwa UUPK ini tidak memberikan posisi yang berat sebelah bagi pelaku usaha dalam perlindungannya. Meskipun demikian, jika mengingat dalam kegiatan perdagangan pihak pelaku usahalah yang paling mengetahui kualitas dan keamanan produknya maka kewajiban pelaku usahalah untuk menjamin produknya agar dapat di konsumsi secara aman.

 

Dalam penggunaan produk berbahan plastik, pelaku usaha harus memberikan informasi yang benar tentang resiko dan bahan plastik yang digunakan. Memang tidak semua informasi barang harus di tampilkan hanya informasi yang benar-benar mengandung resikolah yang harus di informasikan pada konsumen (pasal 7 huruf b UUPK). Pada prakteknya, pelaku usaha sering mencantumkan informasi ini dalam bentuk lambang golongan plastik pada dasar produk/kemasan. Dengan harapan konsumen bisa mengetahui keamanan dan jaminan produk plastik yang digunakan. Adalah larangan bagi pelaku usaha untuk tidak mencantumkan atau memenuhi standar yang di tetapkan untuk membuat produk plastik ini (pasal 8).

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: