Ikha2705’s Weblog

Desember 19, 2010

Perusahaan Yang Berosrientasi Kepada Konsumen

Filed under: Uncategorized — ikha @ 3:06 pm

PERILAKU KONSUMEN

“ Perusahaan yang berorientasi pada konsumen “.

“ Ika Cell “

Nama                     :

Ika Rahayu                 ( 10208618 )

Irine Setiawan            ( 10208654 )

Ivan Henry Tholense (10208673)

Kelas                 : 3EA02

Fakultas          : Ekonomi

Jurusan            : Manajemen

Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Makalah ini ditujukan guna melengkapi tugas softskill “ Perilaku Konsumen “, yang merupakan salah satu mata kuliah kami. Dimana dalam mata kuliah ini kami diminta agar memberikan/menunjukan ketrampilan atau kelebihan lain selain yang diajarkan didalam kelas.

Tentu saja dalam penulisan makalah kami ini kami dibantu oleh berbagai pihak, intern maupun ekstern lingkungan Universitas Gunadarma. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselesainya makalah ini..

Kami pun menyadari bahwa makalah kami ini belumlah sempurna, masih terdapat kekurangan didalam makalah ini. Oleh sebab itu, dengan segala hormat dan kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.

Besar harapan kami bahwa makalah ini dapat bemanfaat bagi yang membacanya, semoga informasi yang kami berikan dalam makalah ini dapat membantu teman – teman, maupun rekan – rekan sekalian dalam memberikan ide atau suatu inovasi baru untuk membentuk sebuah perusahaan kecil maupun besar yang berorientasi kepada konsumen.

Terima kasih.

Depok, Desember 2010

Bab I

Pendahuluan

Era globalisasi membuat para pelaku bisnis didalamnya mengalami suatu pelonjakan, yaitu dimana semua orang dapat melakukan bisnis dari yang kecil sampai kepada tahap bisnis yang besar. Dampak positif ini tentu saja merupakan kesempatan yang bagus dalam hal berbisnis, berbagai kendala dalam bisnis yang ada, seolah-olah menjadi batu sandungan yang akan membuat para pebisnis semakin lebih baik lagi kedepannya.

Setiap perusahaan ingin bisnis mereka maju, akan tetapi banyak dari mereka tidak mengetahui strategi maupun cara agar bisnis mereka lancar. Beberapa hanya nekat dan tanpa pengalaman terjun dalam dunia bisnis ini. Saat ini ada beberapa cara dalam berbisnis bagi mereka yang baru pertama kali terjun dalam dunia ini. Salah satunya yaitu dengan suatu kerjasama yang berbasis kepercayaan.

Kerjasama ini menghasilkan keuntungan yang menjanjikan bagi para pemula, dengan cara system bagi hasil, para pebisnis dapat memulai bisnis mereka dengan rasa percaya diri kedepannya. Strategi ini banyak digunakan sekarang ini, hal ini dapat terlihat dari tingkat perdagangan yang naik.

Tentu saja dalam berbisnis atau pun berdagang selain mempunyai perencanaan/strategi untuk berbisnis, harus mempunyai strategi promosi atau pemasaran yang baik, agar para konsumen dapat tertarik untuk membeli atau mengkonsumsi apa yang kita tawarkan.

Keinginan konsumen tentu berbeda beda, tetapi justru itu yang memacu kreatifitas seorang pebisnis, berorientasi kepada konsumen merupakan strategi yang baik dalam berbisnis.

Bisnis anda lancar dan konsumen pun terpuaskan.

Bab II

Pembahasan

“Awalnya hanya keinginan untuk membantu tante dalam mengembangkan bisnis jual beli pulsa “. Dari kata inilah kemudian berkembang suatu keinginan dalam diri seorang ika untuk berusaha menciptakan perusahaan kecil – kecilan.

Ika Rahayu adalah seorang mahasiswi disebuah Universitas swasta di depok. Lahir pada tanggal 31 Mei 1990 di Jakarta. Bertempat tinggal di daerah Jakarta Selatan, kegiatan sehari hari ika selain mahasiswi adalah berbisnis pulsa. Bisnis ini dilakukan ika semenjak tahun 2007.

Berawal dari keinginan untuk membantu tantenya dalam mengembangkan bisnis pulsa yang dimilikinya, ika membantu dengan cara menjual pulsa kepada rekan rekannya. Setelah beberapa lama ika melihat peluang bisnis ini menghasilkan hasil yang lumayan, timbul suatu keinginan dalam dirinya untuk membuat bisnis yang sama seperti itu. Dalam waktu kurang lebih 3 tahun ika belajar bagaimana berbisnis pulsa sambil bekerja membantu tantenya .

Langkah awal ika terjun dalam dunia bisnis pulsa ini dengan cara membuka counter kecil-kecilan. Bermodalkan dengan uang seadanya ika memanfaatkan uang tersebut untuk mendaftarkan diri sebagai reloader resmi yang kemudian dia gunakan untuk membeli pulsa elektrik dan voucher isi ulang yang tidak terlalu banyak. Dengan nama “Ika Cell”. Target ika adalah anak kuliah dan anak sekolah, pada waktu itu ika hanya melayani pembelian pulsa dengan cara langsung datang ke counternya.

Walaupun ada berbagai halangan ika tetap tekun dan ulet menjalani bisnis ini, alhasil sekarang ika sudah mulai membuka cabang dengan rekan – rekan bisnis baru. Sampai sekarang ika mempunyai 5 rekan yang membantu usahanya itu, dengan system setoran 3 hari sekali. Data transaksi perharinya ika pun mencapai lebih dari 30-40 dengan pendapatan perhari Rp.200.000,- sampai Rp.400.000,-  .

Provider yang sekarang mulai banyak diminati oleh costumer di “Ika Cell” meliputi :

  • Indosat,
  • Telkomsel
  • Esia
  • 3 ( three)
  • Axis

Karena target ika anak sekolah, kuliahan dsb. Ika mengambil strategi dengan cara berorientasi pada konsumen. Cara ini diambil ika guna membuat pelanggan ika terlayani dengan baik, yaitu dengan cara melakukan apa yang menjadi kemudahan bagi konsumen atau keinginan konsumen dalam membeli maupun system pembayarannya. Sosial media seperti facebook,twitter,dan jaringan internet online dengan cara pembayaran sesuai dengan keinginan konsumen. Sebagai contoh apabila kita ingin membeli pulsa, akan tetapi kita tidak membawa uang ika pun mengatasinya dengan cara menghutang dan apabila kita ingin mencicil pembayaran pulsa kita ika bisa mengaturnya.

Berbagai kemudahan untuk membeli pulsa ditawarkan oleh ika, dan tanggapan positif dari konsumen pun datang. Alhasil dari sikapnya yang sabar dan tekun dalam menjalani bisnisnya tersebut, maka konsumennya sekarang sudah tambah banyak. Ika pun kini mulai mencoba bisnis lain tetap dengan orientasi kepada konsumen dengan target pasar anak sekolahan dan kuliahan.

Bab III

Kesimpulan

Peluang bisnis ada jika kita mau berusaha untuk tekun dan ulet dalam melaksanakanya. Dari pengalaman ikha dapat kita ambil kesimpulan bahwa peluang bisnis sekecil apapun apabila kita melakukanya dengan serius dan tekun akan menjadi bisnis yang besar dan membawa keuntungan yang menjanjikan.

Saran dan kritik

Makalah kami jauh dari sempura oleh sebab itu kami mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: