Ikha2705’s Weblog

Februari 19, 2011

2 Anak Lebih Baik (BI 2 Softkills)

Filed under: Uncategorized — ikha @ 1:35 pm

Ancaman ledakan penduduk jakarta sudah di depan mata. Jakarta yang memiliki peringkat ke 4 dari 10 kota terpadat di dunia dengan jumlah penduduk sebesar  9.373.900 orang. Kota terpadat di dunia adalah Seoul Korea Selatan dengan jumlah penduduk 10.321.449 orang. Angka tersebut merupakan angka jumlah penduduk sementara, belum termasuk pertambahan penduduk setiap bulannya, dimana semakin banyak tingkat kelahiran melebihi tingkat kematian di jakarta.

Ancaman ledakan penduduk di masa depan sudah cukup kompleks. Bayangkan di mana setiap tahun penduduk jakarta sibuk mencari pekerjaan, dimana pendidikan mereka yang masih rendah, maka perlu investasi terhadap perusahaan swasta untuk menyesuaikan kemampuan kerja penduduk.

Permasalahan yang satu ini, dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap harinya. Maka kita perlu merubah mindset masyarakat bahwa dengan mempunyai 2 orang anak lebih baik.

Program seperti ini perlu di dukung penuh dan di bantu oleh pemerintah daerah. Dengan program KB permasalahan seperti ini dapat di atasi, tetapi salah satu kegagalan program KB disebabkan karena program ini di serahkan kepada pemda bukan kepada pemerintah daerah, sedangkan pemda tidak menjadikan program ini sebagai prioritas.

Permasalahan penduduk terdapat dalam 4 hal yaitu kuantitas penduduk yang terlalu besar, kualitas penduduk yang terlalu rendah, mobilitas yang besar dan administrasi DPT yang berantakan.

Para pakar kependudukan mengatakan bahwa “SETIAP HARI LAHIR RATA-RATA 10.000 LEBIH BAYI YANG LAHIR DI INDONESIA ATAU SETIAP TAHUN PERTUMBUHAN PENDUDUK INDONESIA SAMA DENGAN TOTAL PENDUDUK SINGAPURA.

Sungguh menghawatirkan pernyataan para pakar tersebut, umumnya jika di tanya ke keluarga yang baru menikah umumnya mereka ingin mempunyai anak lebih dari 2, mereka ingin mempunyai anak 3-6orang. Dan kalau itu di lakukan maka sungguh fertilitasnya akan naik dan akan berpengaruh kepada laju pertumbuhan penduduk. Pertambahan penduduk di jakarta saat ini sekitar 1,3%. Masih jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ideal untuk jakarta sekitar 0.5%.

Berdasarkan hasil sensus 2010 kemarin, menyatakan bahwa jumlah penduduk indonesia yang tercatat sebesar 237juta jiwa. Meski hasil akhir baru di umumkan oleh presiden pada pidato kenegaraan agustus mendatang.

Jika angka 1.3% tidak bisa di tekan, maka di khawatirkan bahwa ledakan jumlah penduduk indonesia mencapai 500juta jiwa. Apabila hasil sensus lebih tinggi daripada apa yang kita proyeksikan maka ancaman ledakan penduduk tersebut nyata.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: