Ikha2705’s Weblog

Februari 28, 2011

BUNGA ROSELA MERAH (BI 2 softkills)

Filed under: Uncategorized — ikha @ 2:54 pm

MINUMAN BERMANFAAT KAYA VITAMIN & BERKHASIAT

Nama Lain : Hibiscus Sabdariffa L, H.Sabdariffa varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon Bush, Florida Cranberry, Oseille Rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Spanyol), Karkad

Sekarang ini bunga rosela di gunakan banyak orang untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya adalah

* Kanker

* Osteoporosis

* Batu Ginjal

* Melancarkan buang air besar

* Demam

* Menurunkan berat badan (obesitas)

* Menurunkan Gula Darah (Diabetes)

* Mengurangi batuk

* Menurunkan Darah Tingg (Hypertensi)

* Menurunkan kolestrol

* Untuk stamina

* Asam urat, dll

Bagian dari Bunga Rosela mempunyai berbagai manfaat, diantaranya adalah kelopak bunga Rosella dapat di manfaatkan untuk

* Mengurangi kekentalan darah

* Membantu proses pencernaan

* Mencegah peradangan pada saluran kencing

* Penyaringan racun pada tubuh

* Mencegah kekurangan Vitamin C

* Melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

Umumnya masyarakat mengenal dengan nama Rosela, Rosella,atau Roselle (Hibiscus sabdariffa L). Dari segi kesehatan ternyata Rosella mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga Rosella terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosella Merah berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar.

Kelopak bunga Rosella dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirop dan teh, selai dan minuman terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosella Merah, Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A dan asam amino yang diperlukan tubuh , 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosella, termasuk raginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu Rosella juga mengandung protein dan kalsium.

Di Malaysia Rosella juga disebut Asam Paya, Asam Kumbang,atau Asam Susur. Tumbuhan Rosella ada yang mengatakan berasal dari India tetapi ada juga yang mengatakan berasal dari Afrika Barat. Semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abad yang lampau. Di India Barat disebut juga Jamaican Sorrel.

Pohon Rosella tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian mencapai 3-5 meter serta mengeluarkan bunga hamper sepanjang tahun. Bunga Rosella berwarna cerah, kelopak bunga/kaliksnya berwarna lebih gelap dan lebih tebal dibandigkan dengan bunga bunga raya/sepatu. Bagian bunga Rosella yang bisa diproses menjadi makanan adalah kelopak bunganya yang mempunyai rasa yang amat masam. Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi pelbagai jenis makanan seperti minuman,jelly,saos,serbuk (teh) atau manisan Roselle. Daun muda Rosella bisa juga dimakan sebagai ulam atau salad. Sementara itu di Afrika biji Rosella dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan Rosella diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakn Karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan.

Tumbuhan herba ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptic,penambah syahwat,agen astringen dan juga digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk,lesu,demam,tekanan perasaan,gusi berdarah dan mencegah penyakit hati. Bunga Rosella banyak digunakan untuk pembuatan jus,saos,sirup dan juga sebagai bahan pewarna pada makanan.

Ekstrak dari kuncup bunganya mampu berfungsi sebagai antispasmodic (penahan kekejangan), antihelmik dan antibakteria. Selain itu ternyata Rosella mampu menurunkan kadar penyerapan alkkohol. Daun tumbuhan harba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga.

Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Rosella : Gassy Peptin, Anthocyanin,dan Glucoside Hibiscin.

Kelopak segar dalam 100 gram :

– Air 9.2 g – Protein 1.145 g

– Lemak 2.61 g – Serat 12.0 g

– Abu 6.90 g – Kalsium 1.263 mg

– Fosforus 273.2 mg – Zat besi 8.98 mg

– Karotena 0.029 mg – Thiamine 0.117 mg

– Riboflavin 0.277 mg – Niacin 3.765 mg

– Asid Askorbik 6.7 mg

Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Rosella mempunyai efek anti hipertensi, kram otot dan anti infeksi. Ekstrak kelopak bunga Rosella juga mencegah pembentukan batu ginjal dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi, membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly sacarida dan flavonoid sebagai farmakologi. Selain itu juga mengandung vitamin C dalam kadar yang tinggi, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

Petunjuk pemakaian :

– Seduh 3-4 kelopak bunga Rosella dalam segelas air

– Diamkan 5-10 menit untuk mendapatkan warna,aroma dan kesegaran yang mantap

– Akan lebih nikmat jika ditambahkan gula/madu secukupnya.

Roselle tak hanya mampu mendepak diabetes dan hipertensi. Dari berbagai kesaksian menunjukkan, tumbuhan ini juga ampuh melawan osteoporosis, kolestrol dan migren.

Tepat kalau Dr. Paulus Tribata Budiharjo, M.Th.MM membudidayakan roselle pertama kali di Agrowisata Pantai Glagah, Yogyakarta. Soalnya tanaman itu mempunyai segudang manfaat juga berkhasiat sebagai tanaman obat.

Kelopak bunga misalnya bisa dimakan sebagai salad. Juga bisa diolah sebagai penyedap kue Selain itu sering dipakai dalam pembuatan jeli, sup, saus, asinan, puding. Juga bisa untuk memberi warna merah dan rasa pada teh hijau serta dapat dipanggang dan dipakai sebagai pengganti kopi.

Sebagai teh tonik

Bentuk minuman segarnya sangat popular. Dibuat dengan merebus kelopak bunga, plus gula sebagai pemanis dan ditambah jahe. Kelopak bunga ini kaya asam sitrat dan pektin. Bunganya mengandung gosipetin, antosianin,dan glikosid hibiscin.

Zat-zat itu dipercaya sebagai diuretic (peluruh air seni) dan efek koleretik (pengeluaran empedu oleh hati), menurunkan kekentalan darah, menurunkan tekanan darah, dan menstimulasi gerakan usus. Daun dan bunganya dipakai sebagai teh tonik untuk pencernaan dan fungsi ginjal.

Berbagai khasiat diatas didukung oleh riset ilmiah. Salah satunya dilakukan Pusat Penelitian Biomedis di Meksiko, pada Juli 2004. Tim peneliti (Herrera Arellano dkk) mencari tahu efektivitas Hibiscus sabdarifa sebagai antihipertensi. Mereka melakukan pengamatan pada 75 pasien (usia 30-80 tahun) yang didiagnosa menderita hipertensi.

Hasilnya? Sabdarifa mampu menurunkan tekanan darah diastolic dari 139.05 menjadi 123.73 mm Hg. Sedangkan tekanan darah diastolic turun dari 90.81 menjadi 79.52 mm Hg. Dosis pemakaian 10g kelopak bunga kering H.sabdarifa dicampur 0,5l air (atau berisi 9.6 mg antosianin) diminum sehari sekali sebelum sarapan.

Cegah batu ginjal

Selain sebagai antihipertensi, jus roselle ternyata mampu mencegah terjadinya batu ginjal. Riset itu dilakukan oleh Kiirdpon S dkk dari bagian Anak Fakultas Kedokteran Universitas Khon Kaen, Thailand pada 1999. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi perubahan kandungan kimia air seni sebelum dan sesudah mengkonsumsi roselle. Melibatkan 36 pria. Hasilnya memperlihatkan, konsumsi jus roselle menurunkan kadar kreatin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, sodium dan fospat.

Semua hasil penelitian tentang khasiat roselle itu di luar negeri. Sementara di Indonesia sendiri riset belum banyak dilirik. Maklum roselle baru ditanam pada 2002 dan dikemas sebagai teh dan sirup kesehatan baru dua tahun belakangan. Dan setelah beredar di pasaran, berbagai kesaksian tentang khasiat roselle mulai bermunculan.

Terbukti lagi alam selalu menyediakan bahan berkhasiat.

Kesaksian Pengguna Roselle

Ismiech Istyastuti (59) – Sidoarjo

Setahun silam, Uche, panggilan Ismiech, sering buang air kecil, sering merasa haus dan lapar. Setelah ia cek ke dokter, kadar gulanya tinggi mencapai 300, padahal normalnya <110>

Dari adiknya, Uche mengenal teh merah bunga roselle. Cara minumnya seperti minum teh. Tiap pagi ia bikin seduhan lalu diminum hangat. Kalau tidak habis disimpan di kulkas untuk diminum pada siang hari. Kalau airnya habis ditambah lagi. Sampai akhirnya airnya bening.

“Dua bulan kemudian kadar gula saya turun 100” ungkap Uche takjub. Memang penurunannya bertahap. Kini kadar gulanya 150. Tetapi untuk seusia Uche kadar gula itu sudah mendekati normal. Terbukti keluhannya sudah tak dirasakan lagi.

Lusi Benjamin (32) – Bandung

Dua tahun lalu, Lusi harus menggunakan krek (penyangga) kaki untuk berjalan. Berawal dari keseleo di bagian mata kaki kanan, lantaran lama tak diobati kondisinya makin parah. Lusi pun didakwa menderita osteoporosis. Lantas ia berobat ke dokter dan disarankan operasi dengan biaya Rp.10 juta. “Kalau dijamin sembuh sampai 80% saya mau” kenang Lusi. Tetapi dokter hanya memberi harapan 20% kesembuhan.

Kebetulan Lusi bertemu Dr.Paulus. Ia diberi resep sirup roselle dan osteon (kapsul dari ramuan tumbuhan).Sirup roselle diminum sehari sekali sebanyak satu gelas. Kemudian kapsul osteodin sehari 3 kali tiga kapsul.

Ajaib! “Sekitar setahun mengkonsumsi semua itu saya bisa berjalan tanpa krek” kata Lusi. Walau belum bisa berlari, keluhan sakit saat berjalan sudah tak dirasakan lagi.

Daniel (57) – Jombang dan Novi (24) – Ngawi

“Saya sebelumnya menderita kolestrol dan setelah minum teh merah roselle selama 5 bulan kok badan merasa enak” ungkap Daniel, warga jombang.

Ketertarikan pada teh merah dilandasi oleh keingiinannya menurunkan kadar kolestrolnya : Nah pas saya belanja di supermarket kok ada produk ini. Saya beli dus kecil berisi calyx roselle yang dibikin serbuk seperti teh” ujarnya.

Pengalaman lebih dramatis dialami oleh keponakan saya di ngawi” kata Daniel. Dewi Sukmayati (24) akrab dipanggil Novi menderita susah tidur, migren serta sakit waktu datang bulan. Bahkan setiap akan tidur Novi harus menenggak obat tidur. Pada maret 2005 lalu Novi mulai mengkonsumsi teh merah roselle. Setelah 2 minggu minum ia berangsur-angsur mengalami kemajuan. Kini berbagai keluhan sudah tak dirasakan lagi. Obat migren dan obat tidur pun ia tinggalkan

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: