Ikha2705’s Weblog

Maret 10, 2011

LEBIH INDAH TANPA KORUPSI ( BI 2 SOFTKILLS)

Filed under: Uncategorized — ikha @ 2:28 pm

Korupsi mungkin sudah tidak asing lagi untuk diperbincangkan,  sebelum membahas korupsi tersebut, terlebih dahulu kita mengenal pengertian dari korupsi itu sendiri. Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere ) bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

• perbuatan melawan hukum;
• penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana;
• memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi;
• merugikan keuangan negara atau perekonomian negara;
Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Negara kita sudah terkenal dengan para koruptir yang merajalela, Indonesia sendiri sebagai negara berkembang menempati posisi ke Dari 178 negara yang disurvey tingkat korupsinya oleh badan Transparency International, posisi Indonesia naik dari peringkat 111 di tahun 2009 menjadi peringkat ke-110 di tahun ini. Sedangkan negara yang paling rendah tingkat korupsinya adalah Denmark, Selandia Baru dan Singapura (detiknews.com, 26/10/10)

Dilihat dari urutan Indonesia meningkat pesat sebagai negara korupsi, sulit bagi kita untuk mewujudkan negara Indonesia sebagai negara yang anti korupsi. Perbincangan soal korupsi ini, sudah tidak asing lagi di telingan masyarakat, baik dikalangan pejabat elit sampai di kalangan ekonomi kelas menegah ke bawah pun sudah ramai membicarakan soal korupsi tersebut.

Berita terhangat yang sedang diperbincangkan adalah soal si Gayus Tambunan, Pegawai golongan IIIA yang dengan suksesnya menimbun harta kekayaannya dari penggelapan dana di tubuh PSSI, beliau berhasil menampung sampai milyaran rupiah. Dana sebesar itu lebih baik digunakan untuk subsidi ke rakyat miskin, agar negara Indonesia mampu menjadi negara yang maju.

Pemerintah sudah mulai membenahi perilaku para pejabat koruptor. Salah satu tindakan oemerintah adalah dengan mendirikan KPK. Tapi sayang sekali baru didirikan belum lama tapi sudah mendapat ancaman keras dari para pejabat politik yang tidak ingin bekerja sama untuk mendata ulang harta kekayaan mereka.

Melihat keadaan seperti ini, sungguh sulit menciptakan negara tanpa korupsi. Tapi soba kita bayangkan seandainya Indonesia sebagai negara anti korupsi, mungkin negara ini akan lebih berkembang, Kesejahteraan maasyarakat kecilpun tercukupi, karena tercukupilah maka kriminalitas akan berkurang. Seandainya para pejabat politik mampu mempunyai hati nurani yang tidak mementingakan diri sendiri, mampu bersikap adil dan jujur, maka dapatlah Indonesia sebagai negara bebas korupsi

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: