Ikha2705’s Weblog

Maret 20, 2011

TIPS MENGHEMAT BIAYA OPERASIONAL MOBIL (BI 2 SOFTKILLS)

Filed under: Uncategorized — ikha @ 4:01 am

(BI 2 SOFTKILLS)

 

Buat apa cari mobil yang hanya bisa ngebut dijakarta dengan kecepatan rata-rata hanya 8km/jam. Jauh lebih rendah dengan kecepatan internasional sekitar 12 km/jam. Mobil yang ringan , kecil dan ramah dengan bensin. Berikut dapat kita ketahui beberapa cara dalam menghemat biaya opersional :

  1. Memanaskan mesin jangan terlalu lama.

Memanaskan mesin setiap hari itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa kita kemana-mana, kta hanya stay di tempat pada saat mesin sedang dipanaskan. Lagipula, mesin lebih cepat panas ketika sedang dikendarai. Jadi buat apa buang-buang bensin dengan kebiasaan yang seperti ini, cukup maximal 5-10 menit saja.

  1. Perlakukan mobil secara lembut

Rawatlah mobil secra baik dan lembut, dengan kecepatan yang ideal atau dengan kata lain kendarai mobil anda dengan cepat tapi rapi, hindari jalan berlubang untuk menjaga keseimbangan mesin anda.

  1. Hati-hati dengan roof rock

Mungkin anda tidak pernah membayangkan bahwa menempatkan mobil ditempat roof rock akan menyebabkan bensin anda akan lebih boros. Kenyataanya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu memaksa mobil harus bekerja lebih keras dan banyak membutuhkan bensin lebih banyak.

  1. Pakai bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik

Andaikan rekomendasi pabrik menyarankan mobil anda menggunakan premium, ya pakai saja premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan, hanya membuat kantong anda semakin tongpes saja.

  1. Rawat dengan teratur

Kebiasaan merawat mobil, misalnya mengganti oli meesin secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil berada dalam posisi puncak ataupun jarang rusak.

  1. Tidak harus bengkel resmi

Dealear resmi tentu dilengkapi dengan peralatan modern dan montir yang berpengalaman dalam memperbaiki mesin mobil. Tapi biasanya bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel biasa, jadi lebih baik kita memilih bengkel biasa yang murah tapi tidak kalah kualitasnya dengan bengkel resmi.

  1. Periksa ban mobil

Seringkali kita lupa memeriksa ban mobil, padahal ban yang kurang tekanan anginnya akan membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya ini menyebabkan mesin akan lebih cepat aus dan butuh banyak bensin. Cek ban minimal sebulan sekali dalam kondisi dingin

  1. Pakailah sabuk pengaman anda, bukan sekedar hiasan

Manfaatkan sabuk pengaman karena ini terbukti memberikan perlindungan yang optimal ketika terjadi benturan.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: