Ikha2705’s Weblog

Maret 28, 2011

KEMISKINAN (BI 2 SOFTKILLS)

Filed under: Uncategorized — ikha @ 10:20 am

Perkembangan daerah pariwisata seperti di daerah puncak bogor semakin pesat. Pariwisata yang penuh dengan kemewahan ternyata tidak seimbang dengan masyarakat sekitar yang kesejahterannya kian merosot

Menurut data dari monografi kecamatan Cisarua yang paling dikunjungi wisatawan hingga puluhan ribu setiap akhir pekan. Sebagian penduduknya berjumlah 113.833 orang masih bekerja sebagai buruh kasar.

Kecamatan Cisarua banyak memiliki wilayah wisata andalan, seperti Taman Safari Indonesia, Taman Wisata Matahari sederet hotel berbintang dan puluan villa. Bangunan rumah makan, hotel dan villa itu berdiri ditanah yang luasnya mencapai ribuan meter persegi. Tetapi disisi lain banyak petani lainnya yang tidak mempunyai lahan pertanian.

Villa dan tempat usaha khususnya yang besar dimiliki orang luar, pemiliknya kebanyakan orang jakarta. Warga disini hanya diserap sebagai pekerja. Dari total penduduk 113.833 orang, sekitar 9% yaitu 9.177 orang tidak tamat sekolah. Hanya 6.665 orang yang tamat sekolah menengah keatas.

Perputaran uang dikawasan wisata puncak sesungguhnya terbilang tinggi, pendapatan asli daerah kabupaten Bogor tahun 2010 dari sektor pajak hotel dan restoran saja, berdasarkan data dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Bogor mencapai Rp.37 M

Kawasan puncak yang meliputi kecamatan Megamendung, Ciawi, dan Cisarua menyumbangkan 70% dari total pajak sektor tersebut. Setidaknya terdapat lebih dari 200 restauran serta hampir 100 hotel berbintang dan melati dijalur itu.

Meski demikian, berdasarkan informasi dan data yang dihimpun sebagian besar hasil sektor pariwisata itu belum banyak dinikmati warga.  Mereka masih tetap kekurangan, karena kebanyakan warga sekitar bekerja disektor informal, seperti penjaga vila, ojek atau bidang jasa.

Dukungan fasilitas pendidikan untuk warga juga belum maksimal/ hanya ada satu SMA dan SMP negeri di Cisarua.

Warga puncak yang masih miskin, terutama yang bekerja disektor pertanian, peternakan atau yang tidak memiliki pekerjaan tetap karenanya dia tidak akan melulu mengembangkan pariwisata. Mereka mendorong pelaku usaha memanfaatkan produk pertanian dan peternakan agar ada sinergi

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: