Ikha2705’s Weblog

November 17, 2011

Pencemaran Lingkungan

Filed under: Uncategorized — ikha @ 2:11 am

Sering sekali saya melihat orang buang sampah sembarangan …sebenarnya yang dibuang ga banyak sih, cuma gelas plastik bekas minuman semacam air mineral tapi kok yaa menyebalkan rasanya … lebih-lebih karena itu orang buangnya juga santai saja, ga pake rasa berdosa atau gimana gitu, tinggal buka kaca mobil .. trus buang aja main lempar ke jalan…heh?! apa ga sadar ya lagi di jalan umum?
HATI-HATI bila ingin membuang limbah sembarangan, karena bila limbah yang dihasilkan dengan sengaja dibuang, serta berpotensi mencemari lingkungan, mereka akan terjerat sanksi berat sesuai UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
”Undang-undang ini mengatur semua prihal tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Untuk menumbuhkan efek jera bagi para penghasil limbah yang tidak bisa mengolah limbahnya dengan baik, mereka akan diberikan sanksi berat,” jelas Kepala BLH Provinsi Bali A.A. Alit Sastrawan, Kamis (19/5) kemarin.

Dalam Undang-undang tersebut diatur setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan yang mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara, baku mutu air, dan baku mutu air laut atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup, dipidana dengan pidana penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 10 tahun. ”Dendanya sedikit Rp 3 miliar, paling banyak Rp 10 miliar,” ujarnya.
Namun, bila mengakibatkan orang luka dan atau membahayakan kesehatan manusia, dipidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun. Dendanya minimal Rp 4 miliar dan maksimal Rp 12 miliar. Yang paling berat, jika limbah itu menyebabkan kematian. Ancaman pidananya minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. Sedangkan dendanya minimal Rp 5 miliar dan maksimal Rp 15 miliar.
Kepala BLH (Badan Lingkungan Hidup) Berau Basri Sharin menjelaskan, instansinyatahun ini memprogramkan pengawasan pembuangan limbah terhadap ppengusaha yang menggunakan bahan kimia. Pihaknya melakukan monitoring dengan membentuk satu tim untuk melakukan pengawasan. Juga akan memeriksa pembuangan limbah cair. Di Berau, terdapat puluhan pengusaha industri yang pembuangan limbahnya belum jelas. Contohnya limbah batu bara yang ada di perusahaan tambang, ketika petugas BLH Berau melakukan pengecekan di lapangan, perusahaan membuang limbahnya di kolam penampungan. Setelah dinetralisir, barulah limbah tersebut dibuang ke sungai. Setelah petugas BLH mengecek tingkat toleransinya, baru dapat di buang di sungai.

Basri berharap agar warga dapat terus memberikan laporan jika ditemukan pembuangan limbah secara ilegal, seperti kejadian beberapa waktu lalu oleh sebuah kapal pengangkut barang yang membuang oli bekasnya di sungai. Tim yang mendapatkan laporan, langsung melakukan pengecekan dan melakukan penyedotan limbah cair tersebut dengan bantuan sejumlah perusahaan. “Kami akan memberikan tindakan tegas, jika ada pengusaha industri yang membuang limbahnya secara asal-asalan. Sebab hal itu dapat merusak lingkungan dan membahayakan masyarakat,” tegas Basri. (bm)

Sumber : Bali pos dan kaltim pos

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: